Dari Saya Untuk Anda

2012/01/10

Menunda

Zaman sekarang ini, kita-kita maunya langsung ada
Tidak lagi kenal menunda
Padahal semua tahu
Sabar itu bisa semanis madu

Bukan menunda pekerjaan
(Karena yang itu jeleknya tak karuan)
Bukan pula menunda mulainya tulisan
Menunda yang ini sebenarnya lebih mengasyikkan

Ialah menunda kepuasan
Atau istilah bekennya, delay of gratification
Menunda kepuasan di masa ini
Seperti menahan kuda untuk makan pion

Kegagalan menunda ini terasa dimana-mana
Terutama di kehidupan orang sebaya saya
Coba lihat saja bagaimana kita-kita
Berhubungan seks sebelum masanya

Perilaku ini saya tengarai
Terjadi karena kegagalan kita-kita
Untuk menunda nikmat yang terurai
Dari mimpi-mimpi nikmatnya masa dewasa

Lain lagi soal permainan
Kegagalan menahan kepuasan
Berakibat keinginan menang instan
Maka dipakailah steriod, morfin, dan segala rangsangan

Dan ya, kasus yang sama
Juga lazim adanya
Pada permainan di dunia maya
Dimana kode curang adalah sebuah cara

Kasus selanjutnya
Benar-benar terjadi pada saya
Sebagai pelaku niaga pemula
Saya ingin semua langsung ada

Ingin pesanan terus menggarang
Ingin keuntungan datang berulang
Ingin usaha langsung jadi uang
Ingin Pertolongan segera datang

Hasilnya?
Tidak usah ditanya
Saya merasa sangat gagal
Kehilangan semangat; terpuruk mental

Padahal, asal kita semua tahu saja
Ingin cepat makmur
Membuat bisnis ‘pengganda harta’
Tumbuh amat subur

Dan asal kita semua tahu saja
Sudah dibuktikan peneltian
Bahwa anak yang gagal menunda
Tumbuh jadi penjahat di hari kemudian


Saung Gintung D12

Tidak ada komentar:

Posting Komentar